Pemantauan dan Evaluasi SPBE
Pemantauan dan Evaluasi SPBE (sesuai Permen PANRB No. 59/2020 yang merupakan perbaikan atas Permen PANRB No. 5/2018), bertujuan untuk
Peta Rencana SPBE
Strategi disusun demi mencapai tujuan dan sasaran yang ingin diwujudkan dari pekalsanaan SPBE Kota Pontianak. Strategi sendiri tersusun dari program kerja yang akan dilakukan dalam waktu yang ditargetkan. Agar pelaksanaan SPBE dapat terarahkan dengan baik, uraian program kerja harus selaras dengan arah kebijakan. Uraian program kerja dituangkan kedalam roadmap pada Tabel 6.4 sebagai berikut:
Tabel 6.5 Roadmap Pelaksanaan SPBE Kota Pontianak
Domain/Aspek |
No |
Program kerja |
2020 |
2021 |
2022 |
2023 |
2024 |
2025 |
2026 |
2027 |
2028 |
2029 |
Domain 1 |
|
Kebijakan SPBE |
||||||||||
Aspek 1 |
|
Kebijakan Tata Kelola SPBE |
||||||||||
|
1 |
Menerbitkan Kebijakan Internal tentang meningkatkan kompetensi SDM IT |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 1 |
2 |
Menerbitkan Kebijakan Internal tentang TIM Pengarah SPBE Instansi Pemerintah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 2 |
3 |
Menerbitkan Kebijakan Internal tentang integrasi proses bisnis antar unit kerja/atau perangkat daerah di Instansi Pusat/Pemerintah Daerah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 3 |
4 |
Menerbitkan kebijakan internal tentang rencana induk SPBE |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 4 |
5 |
Menerbitkan kebijakan internal tentang anggaran dan belanja TIK |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 5 |
6 |
Menerbitkan kebijakan internal tentang pengoperasian pusat data (Data Center) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Menerbitkan Kebijakan tenang manajemen,teknologi dan budaya keamanan informasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 6 |
8 |
Menerbitkan kebijakan internal tentang integrasi sistem aplikasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
Sosialisasi kebijakan tentang integrasi sistem aplikasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 7 |
10 |
Menerbitkan kebijakan tentang penggunaan aplikasi umum dan aplikasi khusus |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11 |
Sosialisasi kebijakan tentang penggunaan aplikasi umum dan aplikasi khusus |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek 2 |
|
Kebijakan Layanan SPBE |
||||||||||
Indikator 8 |
12 |
Menerbitkan kebijakan tentang layanan naskah dinas secara elektronik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 9 |
13 |
Menerbitkan kebijakan internal tentang menajemen kepegawaian |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 10 |
14 |
Menerbitkan Kebijakan internal tentang Layanan Manajemen Perencanaan dan Penganggaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 11 |
15 |
Menerbitkan kebijakan internal tentang layanan manajemen keuangan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 12 |
16 |
Menerbitkan kebijakan internal tentang layanan manajemen kinerja |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 13 |
17 |
Menerbitkan kebijakan layanan tentang pengadaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 14 |
18 |
Menerbitkan kebijakan internal tentang Pengaduan publik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 15 |
19 |
Menerbitkan kebijakan internal layanan dokumentasi dan informasi hukum |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 16 |
20 |
Menerbitkan kebijakan internal tentang Layanan whistle blowing system |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 17 |
21 |
Menerbitkan kebijakan internal tentang layanan publik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Domain 2 |
|
Tata Kelola SPBE |
||||||||||
Aspek 3 |
|
Kelembagaan |
||||||||||
Indikator 18 |
22 |
Membentuk TIM Koordinasi SPBE |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23 |
Membuat (SOP) untuk Mengukur, menilai, dan mengevaluasi kinerja tim koordinasi SPBE |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24 |
Meningkatkan Kompetensi SDM IT |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24-a |
Mememberikan Pelatihan dan Sertifikasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24-b |
Membangun kompetensi SDM IT dengan mempertimbangkan jenjang karir dan remunerasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24-c |
Membuat forum kolaborasi internal & Eksternal |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 19 |
25 |
Menyusun proses bisnis SPBE Instansi pemerintah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26 |
Melakukan Integrasi proses bisnis SPBE instansi Pemerintah Kota Pontianak |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27 |
Menerapkan proses bisnis pada semua unit kerja/perangkat daerah di Instansi Pusat/Pemerintah Daerah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek 4 |
|
Strategi dan Perencanaan |
||||||||||
Indikator 20 |
28 |
Melakukan Implementasi peta rencana dalam rencana induk SPBE |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29 |
Pengawasan dan Evaluasi pelaksanaan peta rencana dalam rencana induk SPBE secara berkala |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 21 |
30 |
Menyusun anggaran dan belanja TIK |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31 |
Membuat SOP untuk Mengukur, memantau, dan mengevaluasi, anggaran dan belanja TIK secara berkala |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32 |
melakukan audit kepada pengelola TIK semua unit kerja/perangkat daerah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek 5 |
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi |
||||||||||
Indikator 22 |
33 |
Sosialisasi tentang prosedur pengoperasian pusat data pada semua unit kerja/perangkat daerah di Instansi Pusat/Pemerintah Daerah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34 |
Membangun pusat data (Data Center) berstandar nasional dan internasional di DISKOMINFO Kota Pontianak |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34-a |
Desain |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34-b |
Implementasi Ruangan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34-c |
Implementasi Kantor DISKOMINFO Kota Pontianak |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34-d |
Implementasi Koneksi antar OPD Kota Pontianak |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 23 |
35 |
Melakukan perencanaan, pembangunan, pemeliharaan dan/atau pengembangan jaringan intra pemerintah menggunakan Fiber Optik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35-a |
Membangun jaringan di Simpul 1 (Diskominfo) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35-b |
Membangun jaringan Simpul 2 (Jl. Ali Anyang) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35-c |
Membangun koneksi Simpul 2 ke Simpul 1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35-d |
Membangun Jaringan Simpul 3 (Jl. Sutoyo) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35-e |
Membangun koneksi Simpul 3 ke Simpul 1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36 |
Membangun portal data |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37 |
Melakukan perencanaan, pembangunan, pemeliharaan dan/atau pengembangan aplikasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38 |
Membangun sistem penghubung layanan Pemerintah Daerah Kota Pontianak dengan standar interoperabilitas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39 |
Melakukan Integrasi Kanal Layanan SPBE |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40 |
Membangun Repositori Aplikasi SPBE |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
41 |
Membangun portal aplikasi Layanan SPBE |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
41-a |
Migrasi situs web semua OPD ke portal aplikasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
42 |
Mengembangkan aplikasi Layanan berbasi Kecerdasan Buatan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 24 |
43 |
Melakukan Perencanaan, pembangunan, pemeliharaan dan/atau pembangunan aplikasi umum berbagi pakai: |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
43-a |
Aplikasi naskah dinas elektronik; |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
43-b |
Aplikasi manajemen kepegawaian; |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
43-c |
Aplikasi perencanaan; |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
43-d |
Aplikasi penggangaran berbasis kinerja; |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
43-e |
Aplikasi pengelolaan keuangan; |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
43-f |
Aplikasi pengelolaan asset dan barang daerah; |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
43-g |
Aplikasi manajemen kinerja; |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
43-h |
Aplikasi pengadaan berbasis elektronik; dan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
43-i |
Aplikasi pengaduan publik. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Domain 3 |
|
Layanan SPBE |
||||||||||
Aspek 6 |
|
Layanan Administrasi Pemerintahan Berbasis Elektronik |
||||||||||
|
45 |
Survei kabutuhan dan kepuasan pengguna layanan SPBE disemua OPD |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 25 |
46 |
Membangun aplikasi layanan naskah dinas elektronik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
47 |
Melakukan Intgrasi aplikasi layanan naskah dinas elektronik dengan layanan SPBE lain |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 26 |
48 |
Penambahan fitur pengembangan pada aplikasi layanan kepegawaian |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
49 |
Melakukan Integrasi aplikasi layanan kepegawaian dengan layanan SPBE lainya |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 27 |
50 |
Pengembangan aplikasi layanan manajemen perencanaan terkait otomatisasi tindakan persetujuan, verifikasi, validasi, analitik data perencanaan dan lain sebagainya |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
51 |
Melakukan Integrasi aplikasi layanan manajemen perencanaan dengan layanan SPBE lain |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 28 |
52 |
Pengembangan aplikasi layanan manajemen penganggaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
53 |
Melakukan Integrasi aplikasi menajemen penganggaran dengan layanan SPBE lain |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 29 |
54 |
Melakukan integrasi dan pengembangan aplikasi layanan manajemen keuangan, pengelolaan aset dan barang daerah berbasis elektronik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 30 |
55 |
Melakukan implementasi dan pengembangan aplikasi layanan manajemen kinerja |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
56 |
Melakukan Integrasi aplikasi layanan menajemen kinerja dengan aplikasi layanan SPBE lain |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 31 |
57 |
Melakukan pengembangan aplikasi layanan pengadaan berbasis elektronik dan melakukan integrasi dengan aplikasi layanan SPBE lainnya |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek 7 |
Layanan Publik Berbasis Elektronik |
|||||||||||
|
58 |
Menyusun proses bisnis SPBE layanan publik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
59 |
Melakukan Integrasi proses bisnis layanan publik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 32 |
60 |
Melakukan Pengembangan aplikasi layanan pengaduan publik dan melakukan integrasi dengan layanan SPBE lainnya |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 33 |
61 |
Pengembangan fitur pada aplikasi layanan dokumentasi dan informasi hukum, antaralain sebagai berikut: Unduh dan unggah dokumen; Penambahan informasi dokumentasi; dan pencarian informasi hukum berbasis kecerdasan; |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 34 |
62 |
Membangun aplikasi layanan Whistle Blowing System dan mengintegrasikan dengan aplikasi layanan SPBE lainnya |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 35-1 |
63 |
Pengembangan layanan publik lainya |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 35-2 |
63-a |
a. Pendidikan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator 35-3 |
63-b |
b. Kesehatan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|