SPBE

Peta Rencana SPBE

Peta Rencana SPBE

Strategi disusun demi mencapai tujuan dan sasaran yang ingin diwujudkan dari pekalsanaan SPBE Kota Pontianak. Strategi sendiri tersusun dari program kerja yang akan dilakukan dalam waktu yang ditargetkan. Agar pelaksanaan SPBE dapat terarahkan dengan baik, uraian program kerja harus selaras dengan arah kebijakan. Uraian program kerja dituangkan kedalam roadmap pada Tabel 6.4 sebagai berikut:

Tabel 6.5 Roadmap Pelaksanaan SPBE Kota Pontianak

Domain/Aspek
/ Indikator

No

Program kerja

2020

2021

2022

2023

2024

2025

2026

2027

2028

2029

Domain 1

 

Kebijakan SPBE

Aspek 1

 

Kebijakan Tata Kelola SPBE

 

1

Menerbitkan Kebijakan Internal tentang meningkatkan kompetensi SDM IT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Indikator 1

2

Menerbitkan Kebijakan Internal tentang TIM Pengarah SPBE Instansi Pemerintah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Indikator 2

3

Menerbitkan Kebijakan Internal tentang integrasi proses bisnis antar unit kerja/atau perangkat daerah di Instansi Pusat/Pemerintah Daerah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Indikator 3

4

Menerbitkan kebijakan internal tentang rencana induk SPBE

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Indikator 4

5

Menerbitkan kebijakan internal tentang anggaran dan belanja TIK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Indikator 5

6

Menerbitkan kebijakan internal tentang pengoperasian pusat data (Data Center)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Menerbitkan Kebijakan tenang manajemen,teknologi dan budaya keamanan informasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Indikator 6

8

Menerbitkan kebijakan internal tentang integrasi sistem aplikasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

Sosialisasi kebijakan tentang integrasi sistem aplikasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Indikator 7

10

Menerbitkan kebijakan tentang penggunaan aplikasi umum dan aplikasi khusus

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

Sosialisasi kebijakan tentang penggunaan aplikasi umum  dan aplikasi khusus

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Aspek 2

 

Kebijakan Layanan SPBE

Indikator 8

12

Menerbitkan kebijakan tentang layanan naskah dinas secara elektronik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Indikator 9

13

Menerbitkan kebijakan internal tentang menajemen kepegawaian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Indikator 10

14

Menerbitkan Kebijakan internal tentang Layanan Manajemen Perencanaan dan Penganggaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Indikator 11

15

Menerbitkan kebijakan internal tentang layanan manajemen keuangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Indikator 12

16

Menerbitkan kebijakan internal tentang  layanan manajemen kinerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Indikator 13

17

Menerbitkan kebijakan layanan tentang pengadaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Indikator 14

18

Menerbitkan kebijakan internal tentang Pengaduan publik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Indikator 15

19

Menerbitkan kebijakan internal layanan dokumentasi dan informasi hukum

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Indikator 16

20

Menerbitkan kebijakan internal tentang Layanan whistle blowing system

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Indikator 17

21

Menerbitkan kebijakan internal tentang  layanan publik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Domain 2

 

Tata Kelola SPBE

Aspek 3

 

Kelembagaan

Indikator 18

22

Membentuk TIM Koordinasi SPBE

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

23

Membuat (SOP) untuk Mengukur, menilai, dan mengevaluasi kinerja tim koordinasi SPBE

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

24

Meningkatkan Kompetensi SDM IT

 

24-a

Mememberikan Pelatihan dan Sertifikasi

 

24-b

Membangun kompetensi SDM IT dengan mempertimbangkan jenjang karir dan remunerasi

 

24-c

Membuat forum kolaborasi internal & Eksternal

Indikator 19

25

Menyusun proses bisnis SPBE Instansi pemerintah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

26

Melakukan Integrasi proses bisnis SPBE instansi Pemerintah Kota Pontianak

 

27

Menerapkan proses bisnis pada semua unit kerja/perangkat daerah di Instansi Pusat/Pemerintah Daerah

 

Aspek 4

 

Strategi dan Perencanaan

Indikator 20

28

Melakukan Implementasi peta rencana dalam rencana induk SPBE

 

29

Pengawasan dan Evaluasi pelaksanaan peta rencana dalam rencana induk SPBE secara berkala

Indikator 21

30

Menyusun anggaran dan belanja TIK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

31

Membuat SOP untuk Mengukur, memantau, dan mengevaluasi, anggaran dan belanja TIK secara berkala

 

 

 

 

 

 

 

 

 

32

melakukan audit kepada pengelola TIK semua unit kerja/perangkat daerah

Aspek 5

 

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Indikator 22

33

Sosialisasi tentang prosedur pengoperasian pusat data pada semua unit kerja/perangkat daerah di Instansi Pusat/Pemerintah Daerah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

34

Membangun pusat data (Data Center) berstandar nasional dan internasional di DISKOMINFO Kota Pontianak

 

34-a

Desain

 

 

 

 

 

 

 

 

34-b

Implementasi Ruangan

 

 

 

 

 

 

 

34-c

Implementasi Kantor DISKOMINFO Kota Pontianak

 

 

 

 

 

 

 

34-d

Implementasi Koneksi antar OPD Kota Pontianak

 

 

 

 

Indikator 23

35

Melakukan perencanaan, pembangunan, pemeliharaan dan/atau pengembangan jaringan intra pemerintah menggunakan Fiber Optik

 

35-a

Membangun jaringan di Simpul 1 (Diskominfo)

 

 

 

 

 

 

 

35-b

Membangun jaringan Simpul 2 (Jl. Ali Anyang)

 

 

 

 

 

35-c

Membangun koneksi Simpul 2 ke Simpul 1

 

 

 

 

 

 

35-d

Membangun Jaringan Simpul 3 (Jl. Sutoyo)

 

 

 

 

 

 

35-e

Membangun koneksi Simpul 3 ke Simpul 1

 

 

 

 

 

 

36

Membangun portal data

 

 

 

 

 

 

 

37

Melakukan perencanaan, pembangunan, pemeliharaan dan/atau pengembangan aplikasi

 

38

Membangun sistem penghubung layanan Pemerintah Daerah Kota Pontianak dengan standar interoperabilitas

 

 

 

 

 

 

 

39

Melakukan Integrasi Kanal Layanan SPBE

 

 

 

 

 

 

 

40

Membangun Repositori Aplikasi SPBE

 

 

 

 

 

 

 

 

41

Membangun portal aplikasi Layanan SPBE

 

 

41-a

Migrasi situs web semua OPD ke portal aplikasi

 

 

 

 

42

Mengembangkan aplikasi Layanan berbasi Kecerdasan Buatan

Indikator 24

43

Melakukan Perencanaan, pembangunan, pemeliharaan dan/atau pembangunan aplikasi umum berbagi pakai:

 

43-a

Aplikasi naskah dinas elektronik;

 

 

 

 

 

 

 

 

43-b

Aplikasi manajemen kepegawaian;

 

 

 

 

 

 

 

 

43-c

Aplikasi perencanaan;

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

43-d

Aplikasi penggangaran berbasis kinerja;

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

43-e

Aplikasi pengelolaan keuangan;

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

43-f

Aplikasi pengelolaan asset dan barang daerah;

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

43-g

Aplikasi manajemen kinerja;

 

 

 

 

 

 

 

 

 

43-h

Aplikasi pengadaan berbasis elektronik; dan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

43-i

Aplikasi pengaduan publik.

 

 

 

 

 

 

 

 

Domain 3

 

Layanan SPBE

Aspek 6

 

Layanan Administrasi Pemerintahan Berbasis Elektronik

 

45

Survei kabutuhan dan kepuasan pengguna layanan SPBE disemua OPD

Indikator 25

46

Membangun aplikasi layanan naskah dinas elektronik

 

 

 

47

Melakukan Intgrasi aplikasi layanan naskah dinas elektronik dengan layanan SPBE lain

 

 

 

 

 

Indikator 26

48

Penambahan fitur pengembangan pada aplikasi layanan kepegawaian

 

 

 

 

 

 

 

 

49

Melakukan Integrasi aplikasi layanan kepegawaian dengan layanan SPBE lainya

 

 

 

 

 

Indikator 27

50

Pengembangan aplikasi layanan manajemen perencanaan terkait otomatisasi tindakan persetujuan, verifikasi, validasi, analitik data perencanaan dan lain sebagainya

 

 

 

 

 

 

 

 

51

Melakukan Integrasi aplikasi layanan manajemen perencanaan dengan layanan SPBE lain

 

 

 

 

 

Indikator 28

52

Pengembangan aplikasi layanan manajemen penganggaran

 

 

 

 

 

 

 

 

53

Melakukan Integrasi aplikasi menajemen penganggaran dengan layanan SPBE lain

 

 

 

 

 

Indikator 29

54

Melakukan integrasi dan pengembangan aplikasi layanan manajemen keuangan, pengelolaan aset dan barang daerah berbasis elektronik

 

 

 

 

Indikator 30

55

Melakukan implementasi dan pengembangan aplikasi layanan manajemen kinerja

 

 

 

 

 

56

Melakukan Integrasi aplikasi layanan menajemen kinerja dengan aplikasi layanan SPBE lain

 

 

 

 

 

 

Indikator 31

57

Melakukan pengembangan aplikasi layanan pengadaan berbasis elektronik  dan melakukan integrasi dengan aplikasi layanan SPBE lainnya

 

 

 

 

 

 

 

Aspek 7

 

Layanan Publik Berbasis Elektronik

 

58

Menyusun proses bisnis SPBE layanan publik

 

 

 

 

 

59

Melakukan Integrasi proses bisnis layanan publik

 

 

 

Indikator 32

60

Melakukan Pengembangan aplikasi layanan pengaduan publik  dan melakukan integrasi dengan layanan SPBE lainnya

 

 

 

 

 

 

Indikator 33

61

Pengembangan fitur pada aplikasi layanan dokumentasi dan informasi hukum, antaralain sebagai berikut: Unduh dan unggah dokumen; Penambahan informasi dokumentasi; dan pencarian informasi hukum berbasis kecerdasan;

 

 

 

 

 

 

Indikator 34

62

Membangun aplikasi layanan Whistle Blowing System dan mengintegrasikan dengan aplikasi layanan SPBE lainnya

 

 

 

 

 

 

Indikator 35-1

63

Pengembangan layanan publik lainya

 

 

 

 

 

 

Indikator 35-2

63-a

a. Pendidikan

 

 

 

 

 

 

Indikator 35-3

63-b

b. Kesehatan

 

 

 

 

 

 

Share This Article

Artikel Terbaru

Pemantauan dan Evaluasi SPBE

Pemantauan dan Evaluasi SPBE (sesuai Permen PANRB No. 59/2020 yang merupakan perbaikan atas Permen PANRB No. 5/2018), bertujuan untuk

Peta Rencana SPBE

Strategi disusun demi mencapai tujuan dan sasaran yang ingin diwujudkan dari pekalsanaan SPBE Kota Pontianak.

Manajemen SPBE

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektornik (SPBE) merupakan suatu sistem tata kelola pemerintah yang memanfaatkan teknologi informasi secara menyeluruh dan terpadu dalam pelaksanaan administrasi